Tips Makan Gorengan Saat Diet

Tips Makan Gorengan Saat Diet – Tak bisa dipungkiri bahwa gorengan adalah salah satu jenis cemilan yang memang banyak disukai oleh semua orang. Tak pandang usia, baik tua muda, bahkan anak-anak juga menyukai jenis cemilan yang satu ini. Cemilan gorengan ini biasanya dinikmati saat senggang atau saat berkumpul bersama keluarga atau teman. Rasa gurih dari gorengan ini yang tidak bisa ditolak oleh lidah siapapun, sekalipun mereka mengetahui bahwa gorengan cenderung tidak sehat. Terlebih bagi anda yang sedang diet tentu saja gorengan ini tidak baik untuk program anda tersebut. Namun ternyata ada tips khusus untuk anda jika ingin makan gorengan saat diet.

Tips Makan Gorengan Saat Diet

Buatlah gorengan sendiri

Daripada membeli, lebih baik membuat sendiri gorengannya agar lebih sehat. Dengan begitu, anda bisa mengatur minyak yang digunakan, baik jenisnya, banyaknya, dan cara penggorengannya. Hal ini bertujuan agar gorengan anda lebih berkualitas dan tidak banyak mengandung lemak jahat.

Menggunakan minyak tanaman

Gorengan yang mengandung lemak tidak jahat tentu yang terbaik untuk dikonsumsi, terlebih saat anda sedang dalam program diet. Tidak hanya itu, gorengan yang demikian juga tidak memberikan efek negatif. Bagaimana caranya? Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan minyak zaitun atau minyak dari tumbuhan saat anda menggorengnya. Lebih baik hindari menggunakan mentega saat menggoreng. Walaupun minyak dari tumbuhan itu baik, namun tetap saja harus diperhatikan metode menggorengnya yaitu jangan terlalu banyak minyaknya.

Tidak menggunakan minyak berulang

Banyak orang yang menggunakan minyak berulang saat menggoreng. Maksudnya bagaimana? Artinya minyak yang sudah dipakai, masih dipakai lagi untuk menggoreng karena masih tersisa. Hal ini tentu kurang baik untuk kesehatan anda. Gorengan yang sudah dibuat sebaiknya ditiriskan terlebih dahulu agar minyaknya benar-benar tiris. Jika perlu, anda bisa menggunakan kertas minyak agar lebih kering. Dengan demikian, kandungan kolesterolnya bisa lebih sedikit.

Usahakan makan gorengan di waktu siang

Makan gorengan saat malam hari memang terasa lebih nikmat, terlebih saat cuaca dingin sementara gorengan masih dalam keadaan panas. Namun, tahukah anda bahwa hal tersebut dapat menggagalkan program diet yang sedang anda jalankan. Untuk itu, sebaiknya makanlah gorengan di waktu siang saja karena di siang hari anda masih memerlukan banyak energi untuk beraktivitas. Jadi, secara otomatis lemak tidak menumpuk percuma di badan.

Banyak minum air putih setelah mengkonsumsi gorengan

Minum air putih memang sangat dianjurkan untuk tetap menjaga kesehatan. Nah, untuk anda yang suka makan gorengan sebaiknya banyak minum air putih setelah mengkonsumsinya. Hal ini tujuannya agar minyak tidak menempel di tenggorokan dan organ tubuh lainnya. Sebaiknya tidak minum jenis minuman lainnya selain air putih karena memang lebih bagus untuk tubuh. Perlu anda ketahui bahwa minum air putih ini wajib sekalipun anda tidak mengkonsumsi gorengan. Baiknya yaitu 2 liter per hari.

Sebaiknya makan gorengan disertai sayuran

Gorengan memang sangat menggoda untuk dimakan, bahkan tanpa terasa saat makan gorengan ternyata sudah habis banyak. Untuk anda yang sedang diet, sebaiknya makan gorengan disertai dengan sayuran, misalnya sayur lalapan, sayur rebus, atau sayur yang lainnya. Dengan begitu, asupan serat dalam tubuh tetap dapat terpenuhi. Kolesterol juga bisa diminimalisir dengan adanya gorengan tersebut.

Sebaiknya tidak mengkonsumsi gorengan saat masih panas

Makan gorengan saat panas memang lebih enak. Namun ternyata hal ini tidak baik. Suhu panas dari minyak goreng dapat membentuk zat akrilamida. Zat ini bisa menghasilkan radikal bebas yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, adanya zat ini juga dapat memicu terjadinya kanker. Selain memang tidak baik untuk kesehatan, hal yang demikian tentu tidak baik bagi anda yang sedang diet. Untuk itu, sebaiknya gorengan tersebut ditiriskan terlebih dahulu menunggu dingin.

Batasi dalam mengkonsumsi gorengan

Selain beberapa tips di atas. Tips makan gorengan saat diet lainnya tentu saja harus dibatasi saat anda mengonsumsi gorengan. Tidak masalah makan gorengan, namun harus tetap dalam porsi yang wajar. Utamanya bagi anda yang sedang diet. Mengkonsumsi gorengan terlalu sering itu tidak baik. Cukup 1 atau 2 kali saja dalam seminggu agar lemak jahat tidak banyak menumpuk di dalam tubuh. Gorengan tidak boleh dikonsumsi berlebihan. Berikut alasannya;

  • Resiko Obesitas

Setiap makanan memiliki kandungan kalori yang berbeda-beda. Hal ini tergantung dari cara pembuatannya. Untuk itulah mengapa dalam mengkonsumsi gorengan sebaiknya yang dibuat sendiri. Tidak hanya itu, makanan yang digoreng juga tampak lebih menarik sehingga kemungkinan besar anda bisa mengonsumsi lebih banyak. Jika kalori yang dikonsumsi berlebihan, maka resiko untuk obesitas juga lebih besar.

  • Resiko terjangkitnya penyakit diabetes melitus tipe II

Seseorang yang suka mengonsumsi gorengan, terlebih dalam jumlah yang berlebihan, maka resiko untuk terjangkit penyakit diabetes melitus tipe 2 ini lebih tinggi. Hal ini dikarenakan resistensi insulin di dalam tubuh meningkat. Insulin merupakan hormon yang memiliki peranan penting dalam mengatur gula darah.

  • Resiko terjadinya penyakit kardiovaskuler

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi gorengan dalam jumlah banyak bisa meningkatkan resiko kematian karena penyakit kardiovaskuler ini.

  • Resiko kanker

Hal ini sudah sedikit disinggung pada penjelasan sebelumnya. Dalam proses menggoreng itu dapat terbentuk akrilamida. Ini adalah senyawa toksik yang bisa terbentuk saat temperatur tinggi. Senyawa inilah yang diduga memiliki tingkat sumbangsih besar terhadap terjadinya kanker.

Itulah beberapa tips makan gorengan saat diet. Dalam artikel diatas juga dapat anda baca alasan mengapa gorengan tidak boleh dikonsumsi berlebihan. Selain tidak bagus untuk program diet anda, hal tersebut juga tidak bagus untuk kesehatan.

Share Button