Resep Rendang Daging Sapi Asli Minang

Rendang merupakan salah satu makanan Indonesia yang masuk dalam kategori makanan terlezat di dunia. Bagaimana tidak? Makanan yang kayak akan rempah-rempah memberikan cipta rasa yang berbeda.

Banyak sekali yang mengatakan bahwa memasak rendang itu susah! Well, tak sepenuhnya benar. Jika Anda memang ingin memasak rendang, Anda bisa coba membuatnya sendiri di rumah. Yang harus benar-benar untuk disiapkan ialah tenaga untuk mengaduk masakannya. Memasak rendang memang membutuhkan tenaga ekstra karena tidak boleh berhenti mengaduk hingga benar-benar matang sempurna.

Penasaran bagaimana cara membuatnya? Ini dia resep rendang daging sapi asli minang:

Bahan Utama

1,5 kilogram Daging Sapi

Dua ltr Santan (bisa didapatkan dari dua buah kelapa tua)

Bahan Dan Rempah

2 lembar Daun Serai, prosesnya (memarkan)

4 buah Daun Jeruk Purut

2 cm Gelugur atau Asam Kendis

2 buah Daun Kunyit

6 buah Bawang Merah, Iris

Bumbu Yang Dihaluskan

6 siung Bawang Putih

5 buah Kemiri

100 gr Cabai Merah

3 cm Kunyit, bakar

12 buah Bawang Merah

2 cm Jahe, bakar

100 gr Cabe Merah Keriting (jika tidak ingin hasilnya terlalu pedas, bisa disesuaikan dengan selera masing-masing)

2 cm Lengkuas

1 sdt Jintan, prosesnya (sangrai)

Penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat:

  1. Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang akan dihaluskan. Lalu blender atau uleg halus semua bumbu. Jika Anda ingin mendapatkan rasa yang lebih nikmat, uleglah semua bumbu tersebut hingga halus. Sisihkan.
  2. Siapkan daging sapi yang akan dimasak nanti. Cuci bersih dagingnya terlebih dahulu, lalu potong-potong sesuai selera. Oiya, jangan memotong dagingnya terlalu kecil, nanti dagingnya cepat hancur saat dimasak. Potong saja dadu tapi agak tebal, jangan terlalu tipis dan jangan terlalu kecil.
  3. Siapkan juga semua bahan-bahan yang akan digunakan nanti.
  4. Setelah itu, siapkan wajan yang agak besar. Tuangkan santan. Masukkan irisan bawang merah, daun kunyit, asam, serai, dan daun jeruk purut. Aduk-aduk terus santannya hingga mendidih. Ingat ya, untuk tetap terus mengaduknya agar santannya tidak pecah.
  5. Setelah mendidih, masukkan perlahan-lahan bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Aduk rata. Masak selama 20 hingga 30 menit dan diaduk sesekali. Koreksi rasa.
  6. Setelah santannya berminyak, barulah Anda bisa memasukkan potongan daging sapi yang sudah disiapkan sebelumnya. Masaklah dengan api kecil atau sedang. Aduk-aduk terus masakannya sampai santannya mengental dan mengering hingga bumbu-bumbunya meresap sempurna ke pori-pori daging. Dalam tahap ini, harus rutin diaduk untuk menghindari kegagalan dan agar bagian dasarnya tidak gosong.
  7. Setelah santannya mengering, angkat dan hidangkan.

Jika Anda benar-benar memasak rendang hingga santannya mengering, Anda bisa menyimpan daging tersebut untuk cadangan makanan hingga 2 bulan ke depan. Taruh saja daging tersebut di wadah yang tertutup rapat dan masukkan ke dalam kulkas.

Oiya, ada tips jitu nih untuk bisa mendapatkan daging yang empuk tanpa harus dimasak terlalu lama. Ingin tahu bagaimana caranya? Pakai saja daun papaya. Cara menggunakannya gimana? Mudah saja! Ambil beberapa helai daun papaya, sesuaikan saja dengan banyak tidaknya daging yang ingin dimasak.

Cuci bersih daun papaya tersebut, lalu bungkus dagingnya dengan menggunakan daun papaya ini. Diamkan selama kurang lebih 30 menit agar dagingnya empuk. Lalu, dagingnya bisa langsung dimasak. Dengan membungkus dagingnya terlebih dahulu, Anda tidak perlu memasak dagingnya terlalu lama agar empuk. Mudah sekali, bukan?

Share