Resep Rawon Khas Jawa Timur

Rawon merupakan salah satu makanan khas dari daerah Jawa Timur yang sudah melegenda. Bagaimana tidak? Konon, makanan yang satu ini sudah ada sejak abad ke 10, loh! Rasa yang ditawarkan pun tidak berubah seperti awal mula makanan ini ada.

Tak heran bila begitu banyak masyarakat Indonesia yang suka dengan makanan khas yang satu ini. Beruntunglah karena sekarang Anda hidup di zaman ini, zaman dimana semua informasi yang dibutuhkan dapat terpenuhi dengan mudahnya, termasuk dalam hal resep dan cara membuat rawon itu sendiri.

Sebelumnya, Anda perlu tahu dahulu rawon itu makanan yang seperti apa sih? Biasanya, rawon itu berisi potongan daging sapi, tauge, kemangi, serta taburan bawang goreng dan daun bawang yang memiliki kuah berwarna hitam. Kuah yang berwarna hitam itu sendiri terdapat dari bumbu keluwak didalamnya.

Makanan ini sendiri dapat dihidangkan bersama dengan nasi putih, irisan telur asin, sambal, serta kerupuk udang. Apakah Anda sudah penasaran ingin tahu bagaimana cara membuat rawon daging sapinya? Yuk, lihat bahan-bahan dan cara pembuatannya di bawah ini:

Bahan Utama

½ kg Daging Sapi

1,5 liter Air, untuk merebus daging

2 batang Serai, geprek

3 lembar Daun Jeruk, sobek-sobek

½ ruas Lengkuas, geprek

4 batang Daun Bawang, potong-potong

1 sdt Gula

2 sdt Garam

Bumbu Yang Dihaluskan

7 siung Bawang Merah

5 siung Bawang Putih

4 biji Keluwak, hancurkan, ambil bijinya

1 buah Cabe Merah

½ sdm Ketumbar

3 butir Kemiri

3 cm Jahe

Bahan Pelengkap

Taoge Kecambah (Taoge Pendek), rebus hingga matang secukupnya

Telur asin secukupnya

Kerupuk udang secukupnya

Cara Membuat:

  1. Siapkan terlebih dahulu bumbu-bumbu yang akan dihaluskan nanti. Haluskanlah dengan menggunakan blender ataupun bisa dengan cara manual yaitu di uleg. Memang, hasil bumbu yang dihaluskan dengan cara yang di uleg dan yang di blender akan sedikit berbeda. Tentu, lebih enak di uleg. Uleg atau blender hingga halus. Sisihkan.
  2. Cuci bersih daging yang ingin direbus terlebih dahulu. Lalu siapkan panci. Tuang air untuk merebus ke dalam panci. Masukkan lengkuas, daun jeruk, serai, serta sejumput garam ke dalamnya. Tunggu air hingga mendidih, lalu masukkan daging utuhnya. Oiya, jangan dipotong-potong terlebih dahulu dagingnya, ya! Rebus dulu hingga empuk dan matang, lalu baru boleh dipotong-potong.
  3. Sembari menunggu dagingnya matang, tumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan tadi hingga harum.
  4. Setelah dagingnya matang, ambil dan potong-potong dadu. Lalu masukkan kembali dalam panci rebusan tadi bersama dengan bumbu yang sudah ditumis tadi. Aduk rata.
  5. Tambahkan gula dan garam. Koreksi rasa sesuai yang diinginkan.
  6. Jika rasanya sudah pas, Anda bisa langsung menghidangkannya dalam mangkuk beserta bahan pelengkapnya. Dihidangkan hangat-hangat akan jauh lebih enak.

Jika Anda memiliki panci presto dirumah, Anda bisa menggunakannya pada bagian merebus. Presto saja daging utuh selama kurang lebih 25 hingga 30 menit. Setelah itu, Anda bisa memindahkan air rebusan daging tadi ke dalam panci dan bisa melanjutkan ke cara pembuatannya setelahnya.

Merebus daging hingga mendapatkan tingkat keempukan yang sangat empuk akan memakan waktu yang lama. Untuk itu, panci presto bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika Anda tidak memiliki panci presto, merebus dengan menggunakan panci biasa juga tak apa. Begitulah resep dan cara membuat rawon daging sapi, kuliner khas Jawa Timur yang bisa dibikin sendiri dirumah.

Share