Kuliner Khas Nusa Tenggara

Kuliner Khas Nusa Tenggara – Nusa Tenggara merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Daerah tersebut sudah banyak dikenal dengan keindahan alamnya. Hal inilah yang membuat Nusa Tenggara menjadi provinsi yang juga banyak dikunjungi wisatawan. Namun selain hal tersebut Nusa Tenggara juga memiliki kuliner yang khas yang bisa Anda coba.

Kuliner Khas Nusa Tenggara

Apa Saja Kuliner Khas Nusa Tenggara yang Harus Dicoba?

  • Manggulu

Hidangan pertama yang bisa Anda coba adalah manggulu. Manggulu ini adalah hidangan manis yang bentuknya mirip dengan dodol. Bahan yang digunakan adalah pisang yang dikeringkan dengan kacang tanah. Manggulu akan dibungkus dengan daun pisang kering. Daun pisang kering dipilih karena masyarakat percaya bahwa daun pisang kering memiliki bahan pengawet.

Hidangan ini sudah ada sejak jaman Belanda. Biasanya prajurit akan membawa hidangan ini ke mana-mana untuk mengganjal perut. Hal ini juga karena bentuknya yang kecil sehingga lebih mudah dibawa.

  • Muku Loto

Hidangan yang selanjutnya adalah muku loto. Makanan ini juga sudah ada sejak zaman leluhur masyarakat Nusa Tenggara. Muku berarti pisang dan loto berarti hancur. Jenis pisang yang dipilih adalah pisang yang masih mentah atau pisang muda. Biasanya akan menggunakan daging babi untuk campurannya.

Hidangan ini kebanyakan akan digunakan ketika ada acara adat. Sehingga cukup sulit Anda temukan ada yang menjual hidangan ini.

  • Pelepah Manuk

Awalnya hidangan yang satu ini menggunakan burung sebagai bahan utamanya. Hanya saja sekarang sudah mulai berkembang dengan menggunakan ayam namun bumbunya tetap sama. Ayam atau burung akan dimasak dengan cara dibakar terlebih dulu. Kemudian nanti akan dimasukkan ke dalam panci yang sudah berisi berbagai macam bumbu yang sudah ditumis.

Setelah ayam atau burungnya masuk, maka santan akan ditambahkan. Hasilnya olahan ini akan memiliki cita rasa yang gurih karena menggunakan kuah santan kental. Hidangan ini juga bisa Anda pesan kuliner khas Nusa Tenggara melalui catering.

Artikel Pilihan : Harga Nasi Box Jakarta

  • Jagung Titi

Jagung titi merupakan hidangan yang terbuat dari bahan jagung yang dimasak setengah matang. Jagung yang sudah dimasak tersebut kemudian akan ditumbuk atau dititi di atas batu hingga gepeng. Biasanya masyarakat akan menggunakan jagung titi ini juga untuk pengganti nasi. Untuk menikmatinya bisa dengan secangkir kopi atau juga dibuat seperti sereal dengan dicampur air. Anda juga bisa menyangrainya dan diberi sedikit garam agar lebih gurih.

  • Kue Jawada

Kue yang satu ini bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh di rumah. Kue ini merupakan makanan tradisional khas dari Nusa Tenggara lebih tepatnya pulau Flores. Teksturnya renyah dan sering dibilang dengan kue rambut karena bentuknya juga seperti rambut.

Biasanya kue jawada akan sangat cocok bila Anda nikmati dengan secangkir kopi hangat. Kue jawada ini juga termasuk dalam kuliner khas Nusa Tenggara murah yang bisa Anda jumpai.

  • Jagung Bose

Sesuai dengan namanya, hidangan ini menggunakan jagung sebagai bahan utamanya. Jagung akan diolah menjadi hidangan seperti sup. Cara untuk membuatnya juga cukup mudah. kacang-kacangan akan dimasukkan dalam air mendidih. Setelah itu jagung dan juga jenis sayuran lain akan ditambahkan.

Jika sudah matang, maka akan ditambahkan dengan santan dan penyedap rasa. Anda juga bisa menambahkan daging ayam atau sapi di dalamnya. Hidangan ini akan lebih nikmat bila Anda sajikan dalam keadaan yang masih hangat atau panas.

  • Catemak Jagung

Masih menggunakan jagung, hidangan selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah catemak jagung. Hidangan ini menggunakan bahan berupa jagung, kacang hijau, kacang tanah dan juga bisa menggunakan sayuran lainnya. Bahan tersebut kemudian akan direbus dengan air yang sudah dibumbui. Jika dilihat dari cara pembuatannya, hidangan ini sama seperti kolak.

Hidangan ini akan sangat cocok digunakan sebagai makanan penutup saat sarapan atau makan siang. Warung atau catering biasanya juga jual kuliner khas Nusa Tenggara ini.

  • Kolo

Nusa Tenggara juga memiliki nasi bakar bernama kolo. Nasi bakar ini akan dibakar menggunakan bambu di atas bara api. Cara untuk membuatnya juga cukup mudah. beras akan dicuci terlebih dulu dan dicampur dengan beberapa bumbu yang khas. Setelah itu akan dimasukkan ke dalam bambu.

Proses untuk membakarnya bisa sekitar setengah jam. kolo yang sudah matang akan dibungkus dengan daun. Biasanya kolo akan banyak disajikan untuk kebutuhan acara adat. Untuk menikmatinya, kolo ini akan cocok dengan berbagai macam olahan lauk atau sayur apa pun.

  • Wollapa

Hidangan yang satu ini merupakan hidangan khas dari suku Sabu Raijua. Hidangan tersebut terbuat dari bahan beras yang ditumbuk dengan halus untuk kemudian dicampurkan dengan gula merah. Uniknya bungkus yang digunakan adalah daun jagung yang sudah kering. hidangan ini biasanya akan mudah Anda temukan di pasar tradisional.

Hidangan ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau. selain itu juga bisa Anda nikmati dengan berbagai macam olahan lauk ataupun sayuran.

  • Ka’pu Pantunmu

Hidangan yang terakhir adalah ka’pu pantunmu. Hidangan yang satu ini sekilas hampir sama dengan rumpu rampe. Makanan ini adalah jantung pisang yang diolah dengan cara ditumis. Cara untuk membuatnya jagung pisang akan dibakar terlebih dulu. Kemudian dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan kelapa parut.

Untuk menambah aroma wanginya maka akan ditambahkan kemangi. Hidangan ini biasanya akan Anda jumpai di acara tradisional atau festival. Jadi ketika Anda berkunjung ke Nusa Tenggara pada saat festival, jangan lupa mencoba kuliner khas Nusa Tenggara ini.

Share Button