Ingin Masak Tahu/Tempe Bacem? Ini Resepnya!

Sudah pernah coba makan tahu atau tempe bacem? Rasa gurih, manis, asam yang berpadu dalam satu makanan membuat makanan yang satu ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Tempe atau tahu yang diungkep dengan menggunakan berbagai macam rempah-rempah dan kemudian di goreng ini menjadi ciri khas tersendiri. Jika Anda penasaran ingin memasaknya sendiri dirumah, Anda bisa mencari resepnya di internet.

Di internet, Anda bisa menemukan berbagai macam pilihan resep tempe bacem yang nikmat, gurih, dan sebagainya. Sebenarnya, kunci untuk mendapatkan rasa tempe bacem yang nikmat ialah dari penggunaan air kelapa. Air kelapa inilah yang membuat cita rasa menjadi lebih nikmat.

Apakah harus menggunakan air kelapa? Ya, jika tidak menggunakan air kelapa, hasil dari tempe bacem itu tidak segurih dan seenak bacem yang menggunakan air kelapa. Tak usah menggunakan air kelapa muda, menggunakan air kelapa dari kelapa yang sudah tua pun tak masalah. Yang terpenting, Anda harus menggunakan air kelapa untuk memasak tempe atau tahu bacem tersebut.

Nah, penasaran bagaimana caranya membuat tempe atau tahu bacem tersebut? Yuk, lihat resepnya sama-sama:

Bahan-Bahan

10 potong Tempe atau Tahu

1 butir Kelapa Tua, ambil airnya saja

7 sdm Kecap Manis

2 cm Lengkuas, memarkan

3 lembar Daun salam

3 batang Serai, memarkan

4 sdm Gula Merah, iris

3 butir Asam Jawa, rendam dengan air panas terlebih dahulu, diamkan hingga mengembang

Garam

Minyak secukupnya untuk menumis dan menggoreng

Bumbu Yang Dihaluskan

8 siung Bawang Merah

4 siung Bawang Putih

½ sdt Ketumbar

3 buah Cabe Merah

3 buah Cabe Merah Keriting atau sesuai selera, boleh tidak digunakan juga.

Cara Membuat:

  1. Siapkan terlebih dahulu bahan utamanya yaitu tempe atau tahu. Jika Anda menggunakan tempe, potong tempe agak tebal. Jangan terlalu tipis karena dikhawatirkan akan hancur saat proses masak. Beri kerat-kerat pada tempe agar bumbunya dapat meresap sempurna. Jika Anda menggunakan tahu, tak usah dikerat-kerat atau dipotong-potong lagi.
  2. Haluskan bumbu-bumbu yang harus dihaluskan. Bisa dihaluskan menggunakan blender ataupun di uleg secara manual.
  3. Panaskan wajan dan beri sedikit minyak untuk menumis. Masukkan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Tumis hingga harum.
  4. Setelah itu, masukkan air kelapa dan masukkan sisa bahan-bahan kecuali tempe atau tahu. Aduk rata.
  5. Tunggu hingga air kelapa mendidih terlebih dahulu, koreksi rasa. Jika rasanya sudah pas, baru bisa masukkan tempe atau tahunya.
  6. Ungkep atau merebus tempe atau tahu hingga airnya menyusut.
  7. Setelah air kelapanya menuju habis, matikan api.
  8. Siapkan panci penggorengan. Panaskan minyak. Lalu goreng tempe atau tahu yang sudah diungkep tadi satu persatu.
  9. Goreng tempe atau tahu hingga berwarna kecokelatan.

Ada tips nih, saat menggoreng tempe atau tahu, jangan menggorengnya terlalu sebentar. Ketika tempenya digoreng hanya sebentar, kandungan air didalamnya masih banyak dan akan membuat tempe lebih mudah basi.

Jadi, ketika menggoreng tempe atau tahu harus benar-benar menggorengnya hingga kandungan air yang ada dalam tempe atau tahu tersebut menghilang. Tak masalah jika warna tempe atau tahu yang digoreng berubah warna menjadi lebih kecokelatan. Bahkan, itulah yang membuat tempe atau tahu bacem menjadi lebih enak. Yaps, sudah mengerti, kan tentang bagaimana cara membuat tempe atau tahu bacem? Yuk, mulai buat sendiri dirumah!

Share