Cara Memasak Mie Instan yang Sehat

Cara Memasak Mie Instan yang Sehat – Mie instan sering dianggap sebagai jenis makanan yang tidak sehat. Rasanya yang sangat gurih dan pembuatannya yang sederhana membuat banyak orang suka dengan makanan ini. Namun, ketahui bagaimana cara memasak mie instan yang sehat agar tetap bisa dikonsumsi dengan aman.

Kandungan MSG di dalam mie instan memang membuat banyak orang yang memakannya khawatir. Untuk itu, diperlukan beberapa cara mudah untuk memasak mie instan dengan cara yang sehat. Dengan begitu, mie instan masih bisa dikonsumsi dengan aman tanpa takut efek negatifnya.

Cara Memasak Mie Instan yang Sehat

Cara Memasak Mie Instan yang Sehat dan Aman

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya mie instan yang dikonsumsi saat ini tetap sehat, yaitu dengan beberapa cara memasak mie instan yang sehat berikut ini:

1.   Menambahkan Sayur

Salah satu memasak mie instan agar tetap sehat adalah dengan menambahkan sayur. Siapkan beragam jenis sayuran misalnya jamur, sawi hijau, dan wortel. Perhatikan juga berapa banyak porsi sayuran yang dimasukkan ke dalam mie instan tersebut.

Sebaiknya, masukkan sayuran yang belum dimasak kira-kira sebanyak 100 gr ke dalam 1 bungkus mie instan. Semakin banyak jumlah sayuran yang dimasukkan ke sana, maka mie instan yang dikonsumsi akan semakin sehat.

2.   Menambahkan Sumber Protein Lainnya

Tak hanya sayuran saja yang bisa ditambahkan di sana, tapi tambahkan juga sumber protein yang lainnya seperti misalnya telur, ikan, ayam, atau bakso. Kandungan yang ada di dalam mie instan biasanya hanya ada karbohidrat saja.

Maka dengan menambahkan seporsi sumber protein atau sekitar 80–100 gr akan membuat mie instan menjadi lebih sehat.

3.   Membuat Bumbu Sendiri

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk memasak mie instan yang sehat adalah dengan membuat bumbu sendiri. Bumbu yang sudah disediakan oleh mie instan memang memberikan kelezatan tersendiri.

Namun, kandungan MSG yang ada di dalamnya memang sangat tinggi. Gunakan bumbu mie instan sedikit saja, lalu tambahkan bumbu sendiri misalnya dengan menambahkan minyak wijen dan juga bawang putih.

Baca juga : Pesan Nasi Box di Kemayoran

4.   Mengkreasikan Mie Instan

Memasak mie instan harus sesuai dengan petunjuk yang ada di kemasannya dan hal itu adalah pilihan paling tepat. Namun, coba juga kreasikan juga mie instan dengan masakan lainnya agar rasanya lebih enak.

Misalnya dengan mengolah mie instan menjadi makanan seperti kroket mie, martabak mie sayur, dan sebagainya sesuai dengan selera.

5.   Membatasi Jumlah Konsumsi

Walaupun mie instan tersebut sudah ditambahkan sayuran dan sumber protein lainnya, tapi sebaiknya batasi jumlah konsumsi mie sebaiknya tidak terlalu sering. Makan mie instan terlalu banyak atau terlalu sering akan membahayakan kesehatan.

Hal itu disebabkan oleh tubuh yang dengan otomatis tidak memperoleh zat gizi selain yang ada di dalam mie instan tersebut. Padahal tubuh sangat memerlukan berbagai zat gizi untuk menjalankan seluruh fungsi yang ada.

Resep Mie Instan yang Menyehatkan

Berikut ini resep mie sehat sesuai cara memasak mie instan yang sehat:

Bahan-bahan:

  • Mie instan 1 bungkus
  • Air untuk kuah 300 ml
  • Bawang putih 4 siung
  • Jeruk nipis secukupnya
  • Daging slice 50 gr
  • Tauge secukupnya
  • Telur ayam 2 butir

Cara membuat mie instan yang menyehatkan:

  • Siapkan seluruh bahan dan cuci sayurannya. Biarkan air hingga mendidih, kemudian masukkan mie instan dan masak sampai matang. Setelah itu, masukkan bumbu ke dalam mangkuk.
  • Tiriskan mie dan buang airnya, lalu masukkan ke dalam mangkuk dan aduk dengan bumbu sampai tercampur.
  • Masukkan daging dan bawang putih ke dalam air mendidih sebanyak 300 ml. Masak sampai matang dan masukkan telur kemudian matikan api. Masukkan juga kuah daging ke dalam mangkuk yang sudah ditaruh tauge dan jamur di sana.
  • Tambahkan jeruk nipis.

Cobalah resep mie instan sehat tersebut dan terapkan cara memasak mie instan yang sehat dengan benar. Jika sudah paham cara membuat mie instan yang sehat, pastinya bisa melakukan kreasi lainnya supaya mie instan menjadi lebih sehat.

Share Button