Budaya Makan Sehat yang Harus Dilaksanakan

Tahukah kamu bahwa makanan yang dikonsumsi sehari-hari memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan tubuh. Oleh karena itu selalu biasakan budaya makan sehat. Apa saja ya kira-kira? Mari simak pembahasan di bawah ini!

Ikuti Budaya Makan Sehat Ini!

Makanan yang dikonsumsi berfungsi untuk memberikan energi bagi tubuh agar bisa beraktivitas dengan lancar dan menjalankan fungsinya dengan baik.

Budaya Makan Sehat

Apabila tubuh terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang tidak sehat maka bisa menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan dan beberapa penyakit lainnya. Oleh karena itu, terapkan beberapa budaya makan sehat di bawah ini:

1.     Ubah Mindset 4 Sehat 5 Sempurna

Tahukah kamu bahwa masyarakat Indonesia ditanamkan prinsip 4 sehat 5 sempurna. Namun seiring berjalannya waktu, prinsip tersebut mengalami perubahan dan tidak lagi sesuai dengan kondisi sekarang ini.

Kementerian Kesehatan RI yang bertugas menangani hal ini menggantinya dengan Pedoman Gizi Seimbang yang disingkat menjadi PGS. PGS merupakan sebuah prinsip konsumsi makanan yang beragam dan diimbangi dengan perilaku hidup bersih, aktivitas fisik yang teratur dan pemantauan berat badan.

Pedoman ini mengganti prinsip 4 sehat 5 sempurna agar makanan pokok dan gizi bisa terdistribusikan dengan baik.

2.     Jangan Melewatkan Sarapan

Sarapan adalah kegiatan yang amat penting untuk memulai hari, karena dari sinilah energy kamu didapatkan. Sarapan juga melindungi diri dari resiko penyakit diabetes tipe 2 yang banyak menyerang masyarakat Indonesia.

Kamu bisa mengkonsumsi karbohidrat yang kompleks seperti nasi merah, sereal dan gandum. Tak ketinggalan juga yang tinggi serat seperti sayuran dan buah, juga sumber protein seperti kacang-kacangan, susu dan telur.

Apabila tubuh terlalu kurang lemak juga tidak baik, maka jangan khawatir gendut asalkan komposisinya seimbang dengan yang lainnya.

3.     Jangan Terlalu Banyak Minum Kopi

Budaya makan sehat yang ketiga harus diimbangi dengan tidak terlalu banyak mengkonsumsi kopi, terutama di pagi hari. Dampaknya sangat banyak yaitu bisa menyebabkan dehidrasi, mempercepat keluarnya air dari tubuh melalui urine dan lain sebagainya.

Jika kamu membutuhkan kopi sebelum beraktivitas, maka cukup 1 cangkir saja. Sebaiknya pilihlah kopi hitam dengan atau tanpa gula. Hindari creamer atau topping karena semakin menambah jumlah kalori yang berdampak buruk bagi tubuh.

4.     Hindari Konsumsi Makanan Kemasan Berlebih

Tubuh sangat membutuhkan makanan yang segar dan alami. Oleh karena itu, sebisa mungkin kamu harus mengkonsumsi buah-buahan sayuran dan bahan alami lainnya tanpa melalui proses pengawetan dan campuran bahan kimia lainnya.

Selain itu, kamu juga harus membatasi konsumsi makanan atau minuman kemasan. Pasalnya biasanya makanan tersebut mengandung banyak gula, natrium, pengawet dan pewarna buatan yang tidak baik untuk tubuh.

5.     Selalu Bijak Ketika Makan di Restoran

Ketika kamu makan di restoran, pilihlah yang menggunakan teknik pengolahan tepat. sebaiknya memilih yang masaknya direbus, ditumis atau dipanggang hingga matang. Hindari yang menggunakan metode deep fry karena semakin memperbanyak lemak yang ada di tubuh.

Selain itu, makan dengan secukupnya, jangan kurang dan jangan terlalu kenyang karena mengakibatkan tubuh kelebihan asupan kalori.

6.     Makan yang Tinggi Serat

Terakhir adalah konsumsi makanan yang tinggi serat. Coba ganti roti tawar putih dengan roti gandum atau nasi merah. Makanan tinggi serat ini bisa memperlancar pencernaan dan menghindarkan diri dari resiko penyakit stroke, jantung dan lain sebagianya.

Jadi apakah kamu masih ragu untuk menerapkan budaya makan sehat setelah melihat berbagai manfaatnya di atas? Ubah pola hidup kamu, karena kesehatan itu mahal harganya. 

Share Button