10 Variasi Hidangan untuk Lamaran Agar Semakin Meriah

Hidangan untuk Lamaran – Acara lamaran dibuat cukup meriah sebagai ungkapan bahagia. Selain itu, karena menerima tamu tentu tidak mungkin dibuat seadanya ataupun sembarangan begitu saja.

Prosesi lamaran yang dihadiri oleh anggota keluarga belah pihak, tentu tak sempurna bila tak disajikan makanan. Demi kelancaran, maka tuan rumah pun harus siap menghidangkan makanan. Nah, makanan apa yang cocok, ikuti penjelasan berikut.

Hidangan untuk Lamaran

Macam-macam Variasi Hidangan Untuk Lamaran

  1. Tumpeng

Sebagai menu utama tak boleh tidak hadir terutama jika menggunakan adat Jawa dan Betawi. Tumpeng memiliki makna sendiri bahwa adanya perayaan penting yang sedang digelar. Selain itu, juga memiliki makna filosofi sebagai ucapan syukur dimana manusia bisa menjalankan kehidupan dengan baik, fokus dan yakin.

Umumnya tumpeng langsung disajikan sebelum mulai acara makan-makan. Jadi, ketika berada di puncak acara, proses pemotongan tumpeng di mulai. Tentunya berdoa terlebih dulu dengan doa terbaik untuk kedua mempelai.

Rekomendasi : Pesan Nasi Tumpeng Cawang

  1. Nasi Goreng atau Mie Goreng

Jika nasi tumpeng disajikan hanya untuk tokoh utama dalam acara tersebut. Maka daftar hidangan untuk lamaran berupa nasi goreng ataupun mie goreng untuk para tamu yang sudah bersedia meluangkan waktu hadir. Menu yang hingga kini masih sangat banyak peminatnya dan tentunya aman dikonsumsi jika dibuat dengan cara yang benar, bersih dan tidak menggunakan bahan berbahaya.

Selain itu, menu ini tidak akan memberatkan tuan rumah karena bahan bisa diperoleh sangat mudah. Harga ataupun biaya yang dikeluarkan tidak banyak. Untuk yang tidak suka nasi, boleh menikmati sajian nasi goreng yang tak kalah lezat. Tambahkan saja ragam varian isi nasi goreng agar lebih spesial dan dapat diterima oleh semua tamu.

  1. Kerupuk

Camilan pelengkap yang tak boleh dilupakan dalam acara apa pun. Rasanya sangat tidak sempurna menu yang disajikan jika tidak ada kerupuk. Selain bisa dimakan kapan saja, rasanya juga enak sangat cocok dimakan bersama menu lain misalnya dimakan bersama nasi, bersama mie goreng ataupun bersama sop.

Teksturnya yang renyah membuat siapa saja suka. Jika membawa anak pasti tak boleh lupa mengambil kerupuk. Saat ini banyak jenis kerupuk di pasaran sehingga pilihlah yang cocok untuk dihidangkan.

  1. Sajian Manis

Umumnya sajian manis disajikan sebagai pencuci mulut. Seperti donat gula,  brownies cokelat, puding jelly dan cake mini. Ragam jajanan manis ini pun menambah kesan lebih tradisional. Meskipun memang ingin menggelar acara mewah, namun kesan tradisional tak boleh dihilangkan.

Salah satunya dengan menyajikan jajanan pasar yang memiliki cita rasa manis ini. Pasti disukai para tamu sebab jajanan  tradisional dari zaman ke zaman masih memiliki rasa yang tak terkalahkan dengan menu modern. Sehingga bagaimanapun jajanan tradisional selalu memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat.

  1. Ayam Goreng

Tidak ada yang tidak suka ayam goreng. Meskipun sudah sering menikmatinya di rumah, namun ide hidangan untuk lamaran ayam goreng di acara lamaran tentu berbeda. Banyak varian ayam goreng yang lebih hits dengan rasa yang menggiurkan. Misalnya ayam goreng mentega, ayam goreng lengkuas, rendang ayam hingga menu yang lainnya.

  1. Sup

Hangat dan harumnya menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa saja. Mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa pasti menyukai sop. Ada beberapa jenis sop yang bisa disajikan seperti sop ayam, sop sayur, sop daging sapi ataupun yang lainnya. Jangan lupa juga sediakan mangkuk dan sendok yang cukup agar semua para tamu kebagian.

Sup juga sebagai makanan penghangat jika acara lamaran dilaksanakan di musim hujan. Tamu yang berhadir pun basah karena kehujanan, akan kembali menghangatkan tubuh dengan semangkuk sup. Meskipun begitu, sup pun tak kalah laku saat cuaca sedang panas-panasnya.

  1. Jajanan Pasar

Makanan tradisional pun tak boleh dilupakan saat acara lamaran. Banyak sekali jenis makanan tradisional seperti wajik, ongol-ongol, kue talam,  cenil, kue cucur, nagasari, kue lapis. Pokoknya makanan yang bisa dimakan kapan saja sekaligus cocok sebagai pencuci mulut. Tamu akan memilih sendiri jajanan manis yang diinginkan setelah makan nasi ataupun menu utama lainnya.

  1. Buah

Buah harus disiapkan di acara lamaran. Selain sajian manis, buah juga digunakan sebagai inspirasi hidangan untuk lamaran sebagai pencuci mulut oleh tamu undangan. Seperti buah nanas, jeruk, melon, pepaya yang banyak mengandung air dan memang hadir di acara kekeluargaan.

Akan lebih menarik jika menyajikan rujak. Jangan lupa simpan di lemari pendingin terlebih dulu sebelum disajikan sebab akan lebih menyegarkan dikonsumsi dalam keadaan dingin.

  1. Lontong dan Sate

Menghadirkan sate membuat tamu lebih bersemangat baik sate kambing, sate ayam ataupun sate daging sapi. Jangan lupa juga siapkan lontongnya sebagai teman makan sate. Untuk bumbunya boleh menyiapkan bumbu kacang ataupun bumbu padang. Lebih bagus lagi jika menyediakan kedua jenis bumbu tersebut.

Jika dibuat dengan bagus dan rasanya sangat lezat, pasti tidak akan ada yang tersisa. Menu sate di acara besar tak bisa diperoleh dengan mudah sebab harus ada perjuangan yaitu mengantre. Bahkan tak jarang sangat panjang antrean sehingga tidak semua tamu kebagian.

  1. Minuman Dingin

Minuman dingin sama halnya berperan untuk menyegarkan tenggorokan. Selain itu, agar tamu tidak tersedak makan tanpa air. Boleh saja menyediakan es sirop, es buah, es cincau, es blewah hingga menu es dingin yang lainnya.

Inilah sepuluh menu yang sangat disarankan hadir di acara lamaran. Bukan karena tampilan dan rasanya saja yang lezat, namun  hadirnya makanan ini berguna agar kesan acara berhasil dan sukses. Jangan khawatir, tinggal pesan saja hidangan untuk lamaran di catering terdekat.

Share Button