10 Tips Sederhana Mendapat Hasil Foto Makanan Menarik

Tips Sederhana Mendapat Hasil Foto Makanan Menarik

Tips Sederhana Mendapat Hasil Foto Makanan Menarik – Banyak dari kita yang sering mengabadikan berbagai momen melalui sebuah foto. Foto yang indah tentu akan membuat kepuasan tersendiri bagi pemiliknya.

Tak hanya foto diri sendiri atau teman, foto pemandangan, foto usaha yang sedang digeluti, bahkan foto makanan juga menjadi pilihan. Foto yang instagramable akan membuat orang juga tertarik untuk melihat hasil foto kita.

Food photography kini banyak digeluti dan diminati oleh banyak orang. Tentu saja untuk membuka peluang usaha, agar orang lain bisa melihat rekomendasi makanan dari kita, atau sekadar untuk koleksi.

Tak harus menggunakan alat yang mahal, Anda bisa mengabadikan makanan lezat menggunakan ponsel yang dimiliki. Lantas bagaimana tips foto makanan agar terlihat menarik? Yuk ikuti beberapa tips berikut agar foto hasil jepretanmu berhasil menarik perhatian orang lain. Terlebih bagi Anda yang masih pemula dalam hal fotografi.

Menyajikan makanan dengan porsi sedikit

Menyajikan makanan dalam porsi kecil atau sedikit tentu akan berpengaruh terhadap hasil. Semakin sedikit porsi yang dihidangkan maka foto yang dihasilkan akan menarik. Makanan akan lebih terlihat detailnya. Makanan yang difoto dengan porsi kecil juga akan membuat orang lain terfokus pada makanan. Dengan perpaduan makanan dan piring besar foto lebih tampak instagramable.

Membuat konsep yang sederhana

Tak harus menyajikan hal yang muluk-muluk dan berlebihan, Anda bisa membuat foto indah dengan konsep sederhana. Anda bisa membuat foto tampak lebih indah dengan dengan bantuan peralatan makan yang ada di dapur atau di restoran tempat Anda sedang makan. Sendok, garpu, pisau, atau talenan menjadi pilihan terbaik untuk melengkapi pekerjaanmu dan hobimu sebagai food photography.

Foto makanan selagi panas

Foto yang masih panas akan lebih menarik perhatian. Asap yang keluar dari makanan akan menambah sentuhan indah dari foto yang dihasilkan. Layaknya sebuah efek tambahan yang dibuat untuk menggugah selera. Jadi usahakan memotret makanan selagi masih panas agar menarik perhatian orang lain untuk mencicipi makanan yang sama seperti yang Anda makan.

Memanfaatkan cahaya alami

Cahaya bantuan dari flash atau lainnya memanglah menjadi pilihan banyak orang agar foto tampak mempesona. Namun jangan lupa untuk tetap memanfaatkan cahaya alami yang tidak berlebihan seperti sinar matahari jika Anda melakukan proses foto di luar ruangan, atau cahaya dari lampu jika foto dilakukan di dalam ruang.

Cahaya yang terlalu terang dari flash akan menyulitkan Anda dalam proses pengeditan. Anda tidak bisa mengubah warna menjadi semakin gelap, bahkan warna asli makanan akan menghilang.

Sedangkan jika Anda melakukan proses foto dalam keadaan kamera gelap, maka proses editnya tak akan memakan banyak waktu. Anda tak akan mengalami kesulitan karena foto dapat dibuat lebih terang secara mudah tanpa mengubah warna asli dari makanan.

Memperhatikan teknik dalam fotografi

Untuk mendapatkan hasil foto yang menarik, Anda harus memperhatikan pola atau teknik dalam fotografi. Terdapat teknik kanan, kiri, belakang yang dapat menyeimbangkan hasil foto Anda. Untuk mendapatkan hasil foto yang baik dan menarik, Anda bisa mengikuti trik ini. Ambil gambar dengan jarak 3 cm dari kanan, 9 cm dari kiri, dan 12 cm dari belakang. Namun Anda tetap harus memperhatikan ketajaman kamera yang dimiliki. Ukuran dapat berubah kapan saja jika kamera memiliki ketajaman yang kurang.

Menentukan posisi untuk mengambil gambar

Penentuan posisi untuk mengambil gambar juga sangat berpengaruh terhadap foto yang dihasilkan. Jika Anda salah dalam menentukan posisi ambil gambar, maka hasil foto tidak akan seimbang. Bahkan sulit untuk diminati orang lain.

Jika Anda bingung mana hasil foto yang lebih baik, ambillah foto dari dua sisi, yaitu foto potrait dan landscape. Tentukan angle terbaik yang akan menghasilkan foto terbaik.

Memberi space

Berikan space di bagian atas, bawah, kanan, dan kiri. Space ini bertujuan untuk memberikan ruang kosong yang akan memudahkan Anda untuk proses pengeditan. Space kosong bisa Anda tambahkan dengan tulisan atau efek lainnya untuk mempercantik hasil foto.

Pengambilan foto dari atas

Tips foto makanan agar terlihat menarik berikutnya adalah proses pengambilan gambar. Menurut beberapa fotografer, pengambilan foto makanan terbaik adalah pengambilan dari atas.

Gambar yang dihasilkan dari proses foto dari atas akan lebih cantik dan terlihat detail makanannya. Anda bisa melakukan proses foto makanan seperti sop, steak, kue, atau minuman, dan lainnya dengan cara ini. Namun pengecualian bagi Anda yang ingin melakukan proses foto untuk hamburger. Sebaiknya untuk makanan yang satu itu Anda ambil dari samping agar lapisannya terlihat lebih nyata.

Memperhatikan bahan dasar makanan

Untuk mendapatkan hasil yang menarik, Anda juga harus memperhatikan bahan dasar dari makanan. Pengenalan bahan dasar ini berfungsi mampu menambah nilai estetik dalam foto. Misalnya Anda sedang mengambil foto dari salad sayur. Di luar piring saji, Anda bisa menambahkan komponen talenan serta beberapa sayur yang ada dalam salad tersebut.

Mengenali fitur dalam smartphone

Agar hasil maksimal, hal terakhir yang harus Anda perhatikan adalah fitur kamera yang ada di smartphone Anda. Anda harus mengenali pengaturan kamera yang ada di hp. Anda bisa memperhatikan ketajaman kamera, dan resolusi, atau pengaturan lainnya.

Selain itu, sebelum melakukan proses foto, Anda harus membersihkan lensa agar foto terlihat lebih jernih.

Bagaimana, mudah bukan? Anda bisa mengikuti tips foto makanan agar terlihat menarik yang telah disebutkan. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Share Button